Minggu, 21 April 2013

8 Penemuan Jules Verne Yang Menjadi Nyata

Jules Verne adalah seorang pengarang novel fiksi ilmiah yang berasal dari perancis, banyak karya-karyanya yang sekarang ini dibuat menjadi sebuah film layar lebar seperti Around The World in 80 Days, 20.000 Leagues Under The Sea, Journey to The Center of The Earth dan The Mysterious Island.
Nah taukah kamu? Di dalam novelnya banyak mesin/alat yang baru saat ini bisa diwujudkan dalam kehidupan nyata, nah inilah dia:
1. Kapal Selam Listrik
Jules Verne Invention
Di dalam novel berjudul 20.000 Leagues Under The Sea, Jules Verne menceritakan kisah Kapten Nemo menjelajahi dunia bawah laut dengan menggunakan kapal selam listrik raksasa yang bernama Nautilus. Nautilus tidak jauh berbeda dengan kapal selam modern seperti kapal selam tahun 1964 Alvin (foto diatas) yang mampu membawa 3 orang penumpang yang juga menggunakan baterai.
2. Siaran Berita
Jules Verne Invention
Dalam sebuah artikel tahun 1889, Jules verne menggambarkan dalam karyanya berjudul “In the Year 2889″ bahwa ada alternatif selain koran. Bukannya dicetak tapi setiap kejadian di bumi dikabarkan melalui suara dari permbicaraan menarik oleh wartawan dan setiap ilmuwan, negarawan akan mempelajari berita hari itu.
Tapi sebelum tahun 2889 yaitu sekitar tahun 1974 masyarakat sudah mampu melihat Presiden AS Richard Nixon mengundurkan diri di TV.
3. Solar Sails
Jules Verne Invention
Pada tahun 1865 pada karya fiksi ilmiahnya yang berjudul “From the Earth to the Moon”, Jules Verne menggambarkan tentang pesawat luar angkasa yang bertenagakan cahaya. Saat ini NASA berhasil mewujudkan khayalan tersebut dengan sebuah teknologi bernama Solar Sails.
4. Lunar Modul
Jules Verne Invention
Jules Verne menulis tentang apa yang hari ini disebut Lunar Modul, sebuah kapsul berbentuk kerucut yang sering diGunakan untuk membawa awak penumpang dalam sebuah peluncuran roket. Dalam “From the Earth to the Moon”, ia menggambarkan sebuah “proyektil” yang bisa digunakan untuk membawa penumpang ke Bulan.
5. Skywriting
Jules Verne Invention
Jules Verne adalah seorang pengamat dunia di sekitarnya, dan salah satu bidang yang ia diperhatikan adalah iklan. Dalam “In the Year 2889″, Verne menjelaskan tentang “iklan atmosfer” yang mirip dengan skywriting .
“Semua orang telah melihat iklan tersebut sangat besar tercermin dari awan,” tulis Verne, “begitu besarnya hingga terlihat oleh penduduk seluruh kota atau bahkan seluruh negara.”
6. Video Konferensi
Jules Verne Invention
Dalam “In the Year 2889″ Jules Verne menggambarkan “phonotelephote” sebuah cikal bakal teknologi saat ini yaitu videoconference. Foto di atas, digunakan untuk menghubungkan anggota keluarga yang jauh di Utara dan Korea Selatan pada tahun 2005 (foto).
Para phonotelephote diperbolehkan “transmisi gambar melalui cermin sensitif dihubungkan dengan kabel,” tulis Verne.
7. Taser
Jules Verne Invention
Topik favorit Jules Verne tentang spekulasi adalah kendaraan, tetapi ia juga menulis tentang senjata yang belum ada. Sebagai contoh, di 20.000 Leagues Under The Sea, ia menggambarkan senapan yang memberikan sentakan listrik yang kuat, seperti sebuah “perangkat kontrol elektronik” Taser (foto).
8. Splashdown Spaceship
Jules Verne Invention
Dalam “In the Year 2889″ , Verne membayangkan pendaratan pesawat ruang angkasa di laut dengan mengapung persis seperti kapsul Mercury.

0 komentar:

Poskan Komentar

Total Pageviews

twitt sma w9

Template Information

728-banner

Flag Counter
Diberdayakan oleh Blogger.