Minggu, 23 Juni 2013

Teletubbies: Representasi Pandangan Barat Terhadap Kelompok The Others


Pada tau Teletubbies kan? (siapa sih yang kagak).. Berasal dari kata Tele (jauh) dan Tubby (orang gemuk, jamak = tubbies), Teletubbies merupakan suatu program TV yang ditujukan untuk anak2 di bawah umur, dengan 4 karakter, entah manusia atau alien, gendut, warna-warni, berantena dengan TV (?) portable nempel di perut mereka.

Nih gambar “tersangka” Teletubbies:















Kiri ke kanan: Tingky-Wingky, LaaLaa, Po, Dipsy,

Oke, seperti judul ini blog, ternyata ada makna tersembunyi dalam Teletubbies itu sendiri. Teletubbies ternyata menstigma anak2 kecil mengenai pandangan orang2 dewasa Barat mengenai kelompok minoritas, atau biasa diistilahkan The Others.

Sebelum ke pembahasan semiotik soal ini acara, gw mau jelasin bahwa segala hal di dunia selalu berposisi biner: cowo-cewe, terang-gelap, tinggi-rendah, cakep-jelek, dll… Kelompok pertama (cowo, terang, tinggi, cakep, dll) merupakan kelompok The Self, kelompok yang diberi privilege, di-cap sebagai sesuatu yang superior.. sementara kelompok kedua (cewe, gelap, rendah, jelek, dll) biasa disebut The Others, yaitu representasi terburuk dari posisi biner. Ngerti?

Nah! Lanjut ke pembahasan Teletubbies. Tiap karakter Teletubbies punya antena dan barang favorit yang berbeda, dan inilah yang akan menjadi representasi kelompok The Others atau minoritas tersebut. Mari bahas perkarakter dan makna dibaliknya.

Tingky-Wingky:











Dari suaranya, Tingky-Wingky adalah PRIA. Dia karakter paling bongsor berwarna ungu, dengan antena berbentuk segitiga terbalik. Karakter ini merupakan representasi dari kelompok gay lho! Tau darimane lo, cong?

Liat antenanya: Segitiga terbalik! Jika maskulinisme memiliki simbol segitiga tegak/piramid, sebagai representasi phallus/penis, maka kelompok gay bersimbol segitiga terbalik.

Representasi homoseksual oleh Tingky-Wingky makin dipertegas dengan barang favoritnya: Rok Tutu dan Tas tangan kulit merah!

Petanda-petanda tersebut menandakan apa? Menandakan bahwa dalam pandangan orang2 dewasa Barat, kelompok gay adalah kelompok pria2 yang keperempuanan atau feminin.

Dipsy:













Dipsy adalah karakter pria kedua, dengan kulit coklat, bulu berwarna hijau, dengan antena tegak lurus dan barang favorit-nya adalah topi tinggi. Ia merupakan representasi dari pria Afro, atau mereka yang berkulit hitam.

Terus antena dan topi-nya nandain apa? Antena dan topi-nya menyimpan makna mengenai pandangan2 Barat mengenai orang Afro. Antena Dipsy yang tegak lurus menjadi representasi phallus/penis, dan topi Dipsy yang sering dilepas copot memiliki pesan dari common sense mengenai orang2 Afro: Bahwa penis mereka besar, mereka doyan seks, dan topi yang lepas-copot menjadi tanda bahwa orang2 Afro adalah eksibisionis, yang tidak malu menunjukkan kelamin mereka.

LaaLaa:











Nah, karakter ketiga Teletubbies adalah LaaLaa. Ia merupakan karakter wanita berkulit putih dengan bulu warna kuning, dan dengan antena Lambda, serta barang favoritnya adalah bola oranye besar. Jika Tingky-Wingky adalah representasi gay, maka LaaLaa merupakan representasi kelompok lesbian.

Hal ini dilihat dari antena-nya yang berbentuk Lambda. Coba googling deh simbol2 Lesbian, kalian bakal nemuin lambda terpampang disana! Lalu bola-nya LaaLaa? Ini menjadi pesan pemaknaan umum Barat terhadap Lesbian: mereka adalah wanita2 maskulin, kekar, macho! Kenapa? Karena bola adalah ikonik untuk segala hal yang bersifat jantan! (gak heran kan banyak cowo doyan bola? Literally)

Po:

















Ini dia karakter terakhir. Po, kayaknya sih cewe yah, adalah karakter paling kecil, dengan antena donat berbatang (apa deh?), bulu warna merah, dan barang favoritnya adalah skuter. Po merupakan representasi untuk orang2 Asia. Coba deh dengerin pas Po ngomong “scooter“… pronounce-nya yang dikeluarin adalah “skuta“! Ini adalah cara pengucapan orang2 Cina atau Jepang lho!

Dalam tradisi Asia, khususnya oriental, donat berbatang (gw nyebut bentuk antenanya apa dong?) merupakan simbol dari Gerbang Keberuntungan. Barang kesayangan si Po ini, si skuter, terdapat pesan bahwa orang Asia adalah orang2 yang mobilisasi-nya cepet dan doyannya nyari untung. Orang Asia, dalam pandangan barat melalui Po ini, juga dicap sebagai orang yang keras kepala dan gak pernah mau pindah balik ke negara asal mereka. Darimana? Po merupakan karakter paling bandel dari seluruh Teletubbies! Beberapa episode menceritakan Po yang gak pernah nurut sama panggilan dari pipa yang bisa bersuara, “saatnya pulang”!

Nah inilah pandangan2 orang dewasa Barat mengenai kelompok The Others (gay, Afro, lesbian, dan Asia), yang disusupi ke mental anak2 mereka. Scary? yes, indeed!


Read more: http://www.gilapc.com/2012/06/teletubbies-representasi-pandangan.html#ixzz2X6hS83xv

0 komentar:

Poskan Komentar

Total Pageviews

twitt sma w9

Template Information

728-banner

Flag Counter
Diberdayakan oleh Blogger.