Selasa, 23 April 2013

Bingung Kuliah Apa & Dimana



Bagi Adik - adik Pelajar SMU setingkat yang baru lulus atau Calon Mahasiswa Baru, kebingungan dalam mencari tempat kuliah ataupun memilih Universitas/Perguruan Tinggi adalah lumrah. hal ini terjadi karena banyaknya pilihan dan informasi yang diterima serta beberapa faktor lainnya.
oops, kalau tahu caranya kebingungan memilih tempat kuliah dan mau kuliah apa bisa kamu minimalisir. pertama kamu harus tahu faktor yang membuat kamu kebingungan. umpama mengurai benang kusut, kita  harus tahu ujung dan pangkalnya dulu, barulah bisa.
  • Niat kuliah apa nggak sih?. pertama - tama tanya kedalam hati apa mau benar - benar kuliah atau cuma buat mejeng aja sih? kalau emang untuk mejeng, ubahlah persepsi kamu untuk menuju masa depan yang lebih cerah.
  • Gali Hobi kamu. semisal kamu menyukai hobi di bidang seni, jangan memilih kuliah di ekonomi, kan nggak nyambung tu.
  • Pahami kemampuan dan kompetensi bidang studimu. bolak balik lagi nilai ulangan dan raport mu ya,he. kamu liat tu, kamu ahlinya bidang eksakta, sosial atau bahasa. seandainya kamu ahlinya matematik atau bidang eksakta lainnya, jangan masuk di Program studi Sosial atau bahasa, kan rugi kalau harus banyak ngulang di tiap semester karena nilaimu jeblok.
  • Kondisi Keuangan. cari informasi apakah ada dukungan bea siswa dari Pemeritah atau swasta, kalau nggak ada dan kondisi keuangan keluarga pas - pasan jangan masuk Universitas atau Program studi yang membutuhkan biaya gede. masuk akal kan? atau siapkan diri untuk mencari pekerjaan sampingan untuk mendukung sudimu, benar apa bener?.
  • Tambah wawasan mu tentang karir atau peluang kamu setelah lulus. misalnya didaerahmu merupakan daerah pertanian, ada baiknya kamu kuliah di pertanian agar ilmu yang kamu dapatkan di perguruan tinggi tidak sia - sia, karena banyak sarjana pengangguran menyia-nyiakan ilmunya karena minimnya lapangan kerja
  • cari informasi selengkap - lengkapnya universitas dan program studi yang bakal kamu tuju. ketahui biaya, jarak, dan masa kuliah serta lainnya dan siapkan jalan keluarnya.
sebaiknya analisa ditulis dalam sebuah catatan setelah itu lakukan perbandingan secara objektif (tanpa perasaanlah mudahnya,he) tetapkan pilihan terbaik dan tekadkan kesungguhan dihatimu.

semoga tulisan ini bisa memberikan solusi kebingungan memilih kuliah dimana, kuliah ambil apa dan masalah kebingungan sebelum UMPTN dimulai.

4 komentar:

antika sari mengatakan...

Mengidentifikasi dan menggambarkan fitur penting dari organisasi yang membutuhkan manajer tahu tentang dalam rangka membangun dan menggunakan sistem informasi berhasil.
http://student.blog.dinus.ac.id/asihardiyani/2016/11/13/resume-3/

antika sari mengatakan...

Halo Pembaca. Kali Penyanyi Saya akan memberikan Kiat bagaimana Cara menstem gitar kitd Supaya gitar TIDAK fals. Dalam menstem gitar ADA 3 Cara. Berikut Adalah Cara menstem gitar
http://student.blog.dinus.ac.id/hasanjepang00669/2016/11/07/cara-menstem-gitar/

antika sari mengatakan...

SEJARAH SINGKAT TOKYO
http://student.blog.dinus.ac.id/mataharilanangpanggulu/2016/10/13/sejarah-singkat-tokyo-%e6%9d%b1%e4%ba%ac/

antika sari mengatakan...

12 Makanan Penurun Kolestrol Tinggi
http://student.blog.dinus.ac.id/c11eddomarselo28/2016/11/12/12-makanan-penurun-kolestrol-tinggi/

Poskan Komentar

Total Pageviews

twitt sma w9

Template Information

728-banner

Flag Counter
Diberdayakan oleh Blogger.