Kamis, 25 April 2013

10 Mitos Tentang Kanker






Selama bertahun-tahun telah ada mitos kanker banyak beredar. Pertanyaannya adalah apakah ada kebenaran untuk mitos-mitos kanker.

1. Pewarna rambut menyebabkan kanker otak
Telah ada banyak spekulasi tentang pewarna rambut dan kanker. Ada yang berfikir bahwa pewarna rambut menyebabkan beberapa jenis kanker seperti kandung kemih dan kanker payudara, namun tidak ada bukti itu menyebabkan tumor otak. Menurut sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of American Medical Association pada 25 Mei, pewarna rambut tidak meningkatkan risiko kanker. Ini mitos kanker yang banyak diyakini oleh orang Amerika.

2. Ponsel menyebabkan kanker
Berlawanan dengan kepercayaan populer, ponsel tidak diyakini menjadi penyebab kanker. Sampai saat ini, tidak ada penelitian yang kredibel yang secara konsisten membuktikan bahwa menggunakan telepon seluler memiliki kemampuan untuk menyebabkan kanker.

3. Kanker adalah penyakit keturunan
Meskipun benar bahwa beberapa jenis kanker yang genetik, ini tidak berarti bahwa semua pasti akan mengembangkan kanker karena keturunan mereka. Kanker seperti kanker payudara , kanker ovarium dan kanker kolorektal adalah beberapa dari kanker yang dapat diturunkan secara genetik. Jika orang tua memiliki kanker ini, gen kanker mungkin mengalir ke anak mereka. Jika seorang anak mewarisi gen, hanya meningkatkan kemungkinan kanker, tidak menjamin pasti mengidap kanker.

4. Kanker menyebabkan rambut rontok
Kanker tidak menyebabkan rambut rontok. Rambut rontok adalah efek samping dari pengobatan kanker, seperti kemoterapi dan terapi radiasi . Tidak semua orang yang melakukan kemoterapi atau radiasi mengalami rambut rontok.

5. Hanya perempuan menderita kanker payudara
Ini adalah mitos kanker terbesar dari semua mitor yang ada. Men get breast cancer also! Pria terkena kanker payudara juga. Sekitar 1500 orang pria didiagnosis dan sekitar 500 akan mati karena penyakit tahun ini. Kanker payudara tidak umum pada pria, namun masih terjadi.

6. Ada obat untuk kanker, tetapi perusahaan farmasi menyembunyikannya
Ini adalah mitos kanker yang mengada-ada. Jika ini benar, maka mengapa orang-orang yang dicintai peneliti perusahaan obat masih meninggal karena kanker pada tingkat yang sama dengan populasi umum? Apa orang tidak menyadari bahwa banyak bentuk kanker yang dapat disembuhkan?

7. Kanker hampir selalu berakibat fatal
Ya, kanker dapat menyebabkan kematian. Tapi terobosan baru dalam deteksi dini kanker telah membuat penyakit kanker jauh lebih mudah diobati. Sekitar 40% pasien kanker atau lebih, selamat dalam lima tahun terakhir.

8. Mengenakan antiperspirant dan deodorant dapat menyebabkan kanker
Menurut National Cancer Society , tidak ada bukti konklusif dari studi terbaru bahwa memakai antiperspirant dan doedorant dapat menyebabkan kanker payudara. Mitos kanker ini adalah salah satu yang paling populer di kalangan wanita.

9. Beberapa jenis kanker dapat menular
Tidak ada jenis kanker yang menular. Namun, ada dua virus menular dikenal, HPV dan Hepatitis C yang dapat menyebabkan kanker. HPV adalah faktor risiko untuk kanker serviks dan Hepatitis C menyebabkan kanker hati. Kedua virus dapat ditularkan melalui hubungan seks, meskipun Hepatitis C lebih sering ditularkan melalui jarum suntik dan transfusi (sebelum 1992).

10. Perpikir positif akan menyembuhkan kanker
Sementara mempertahankan pandangan positif selama pengobatan kanker adalah penting, itu tidak akan menyembuhkan kanker. Menjadi optimis membantu dengan kualitas hidup selama perawatan. Tidak ada bukti ilmiah bahwa sikap positif akan menyembuhkan kanker.
Referensi www.about.com

0 komentar:

Poskan Komentar

Total Pageviews

twitt sma w9

Template Information

728-banner

Flag Counter
Diberdayakan oleh Blogger.