Kamis, 25 April 2013

ASI, Manfaat Kesehatan Lebih Terlihat Pada Anak Laki-laki





Manfaat Air Susu Ibu (ASI) bagi perkembangan otak dan kecerdasan anak sudah tidak perlu diragukan lagi. Pada anak laki-laki, manfaat tersebut terbukti lebih besar dibandingkan pada anak perempuan terutama saat memasuki usia 10 tahun.

Secara umum, anak yang mendapatkan ASI eksklusif selama 6 bulan atau lebih cenderung memiliki kecerdasan lebih tinggi. Perkembangan otak dan kecerdasan tampak lebih menonjol terutama pada kemampuan matematis, baca-tulis dan mengeja.

Pada usia 10 tahun, anak perempuan biasanya mengalami perkembangan lebih pesat dibanding anak laki-laki. Namun berkat pemberian ASI eksklusif, anak laki-laki bisa mengimbangi perkembangan otak anak perempuan pada usia tersebut.

Peneliti dari University of Western Australia membuktikan hal itu dalam sebuah penelitian yang melibatkan 1.000 anak berusia 10 tahun. Perkembangan otak anak-anak tersebut dipantau sejak masih berusia 18 pekan dalam kandungan.

“Dengan melihat secara terpisah data pada laki-laki dan perempuan, kami menemukan bahwa efek ASI pada perkembangan otak tampak lebih dominan pada laki-laki,” tulis peneliti dalam laporan yang dipublikasikan di jurnal Pediatric, seperti dikutip dari Telegraph, Senin (20/12/2010).

Semakin lama mendapat ASI eksklusif, makin besar peluang anak laki-laki untuk meraih prestasi akademik yang lebih tinggi di usia 10 tahun. Menurut peneliti, efek tersebut juga dialami anak perempuan meski kalah menonjol dibandingkan pada laki-laki.

Peneliti menduga efek ini kurang dominan pada anak perempuan karena anak laki-laki cenderung lebih peka terhadap kedekatan hubungan ibu dan anak. Dugaan lainnya adalah otak anak perempuan dilindungi hormon tertentu yang menghalangi masuknya zat-zat yang terkandung dalam ASI.

www.detik.com

0 komentar:

Poskan Komentar

Total Pageviews

twitt sma w9

Template Information

728-banner

Flag Counter
Diberdayakan oleh Blogger.