Kamis, 25 April 2013

4 Manfaat Minum Air Putih yang Menakjubkan





Sudah banyak orang yang paham manfaat minur air dan fungsi air bagi tubuh. Tapi ada hal-hal yang menakjubkan dari air terhadap tubuh manusia yang belum banyak orang tahu. Apa saja?

Air memiliki kontribusi penting bagi tubuh dan hampir setiap sel memerlukannya agar bisa berfungsi dengan baik. Sekitar 55-80 persen tubuh manusia terdiri dari air dan air ini bisa hilang dari tubuh saat istirahat, bernapas, berkeringat dan aktivitas fisik lainnnya.

Untuk itu seseorang harus mengetahui berapa dosis yang cukup dalam mengonsumsi air agar tidak dehidrasi atau berlebihan.

Ada empat hal yang sebagian besar masyarakat tidak ketahui tentang fungsi air dan manfaat minum air bagi tubuh seperti dikutip dari Askmen, Rabu (22/12/2010) yaitu:

1. Air bisa meningkatkan kinerja mental
Jika seseorang tidak bisa mengingat suatu barang atau apa yang ingin ia tulis, ada kemungkinan otak mengalami kekeringan.

Sekitar 80 persen jaringan otak terdiri dari air, karenanya jika mengalami dehidrasi bisa mengurangi kinerja memori jangka pendek dan mengganggu konsentrasi. Untuk itu penting menjaga asupan air di otak.

Di otak, air membawa protein dan enzim yang membantunya memberikan nutrisi. Ketika terjadi dehidrasi, maka cairan ini akan menjadi lebih lambat sehingga performa mental secara langsung akan terpengaruh.

2. Air bisa mencegah penyakit kritis
Air diketahui bisa membantu mengurangi jumlah radikal bebas dan racun di dalam tubuh. Meskipun sering membuat orang bolak balik kamar mandi, tapi akan menjaga usus besar dan kandung kemih tetap sehat dan membuatnya terhindar dari penyakit kanker.

Air juga membantu mengurangi jumlah garam berlebih di dalam tubuh, padahal diketahui garam berlebih dapat memicu tekanan darah tinggi yang bisa berujung serangan jantung atau stroke.

Selain itu, air merupakan konstituen utama dari tulang rawan. Karena ketika air di dalam tubuh berlebih atau mencukupi, maka gesekan di sekitar sendi akan berkurang yang membuat seseorang terhindar dari artritis.

3. Air bisa membantu menurunkan berat badan
Air diketahui bisa menjadi penekan nafsu makan serta mempercepat metabolisme tubuh, sehingga kalori yang dibakar juga semakin banyak. Penelitian telah menunjukkan bahwa setelah menelan dua cangkir, akan membantu membakar kalori 30 persen lebih cepat.

4. Air mencegah gigi berlubang
Kerusakan gigi umumnya berasal dari penumpulan asam yang menggerogoti enamel. Asam ini bisa dinetralkan dengan ludah atau air liur dan mengandung mineral khusus yang membantu memperbaiki gigi. Selama tubuh terhidrasi, tubuh akan memproduksi air liur yang cukup untuk menjaga gigi dan menghindari gigi berlubang.

Seseorang biasanya kehilangan sekitar 2-3 gelas air melalui pernapasan teratur dan satu gelas melalui keringat. Jika ditambah dengan air yang keluar saat di kamar mandi dan latihan fisik, maka diperkirakan tubuh butuh 8 gelas air per hari. Karenanya usahakan untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan mengonsumsi air yang cukup.

www.detikhealth.com

0 komentar:

Posting Komentar

Total Pageviews

twitt sma w9

Template Information

728-banner

Flag Counter
Diberdayakan oleh Blogger.