Kamis, 25 April 2013

Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami dengan Cepat



Semua bisa menerapkan cara menurunkan kolesterol berikut ini

kolesterol 300x247 Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami dengan Cepat
cara menurunkan kolesterol secara alami
Cara Menurunkan Kolesterol – Penyakit kolesterol adalah salah satu penyakit yang ditakuti oleh banyak manusia di dunia ini, khususnya di Indonesia. Kolesterol sebenarnya berguna sebagai sumber energi, membentuk dinding sel-sel dalam tubuh, dan sebagai bahan dasar pembentukan hormon-hormon steroid. Sebenarnya tubuh kita dapat memproduksi kolesterol sebanyak yang kita butuhkan sehingga meskipun kita tidak medapatkan asupan kolesterol dari makanan, kita tidak akan kekurangan kolesterol.
Kebanyakan masyarakat Indonesia lebih suka mengkonsumsi makanan yang berlemak. Meskipun tidak semua makanan berlemak memiliki kandungan kolesterol tinggi, namun sebagian besar mengandung kolesterol yang tinggi. Orang yang sering bahkan setiap hari mengkonsumsi makanan berkolesterol tinggi, maka akan terasa jika sudah “berumur”. Akhirnya mencari cara menurunkan kolesterol dengan obat-obatan.
Secara umum Kolesterol dibagi menjadi  2, yaitu HDL dan LDL. HDL (High Density Lipoprotein) adalah kolesterol baik sedangkan LDL (Low Density Lipoprotein) adalah kolesterol jahat yang jika terlalu banyak terdapat dalam tubuh, maka akan sangat berbahaya bagi tubuh kita. Untuk itu sangat disarankan untuk cek kolesterol secara rutin untuk mengetahui kadar kolesterol dalam tubuh. Terutama yang telah berusia 30 tahun keatas.
Tabel Klasifikasi LDL dan HDL Kolesterol Total Kolesterol dan Trigliserida Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami dengan Cepat
Cara Menurunkan kolesterol
Akhir-akhir ini banyak kejadian kolesterol tinggi menimpa orang yang berusia 30 tahun keatas, padahal pada tahun 90an hanya orang yang berusia 50 tahun keatas yang berpotensi untuk mengidap kolesterol tinggi. Sehinnga banyak yang mencari cara untuk menurunkan kolesterol meskipun tidak semua cara menurunkan kolesterol baik untuk tubuh kita.

Cara menurunkan kolesterol dengan makanan

“you are what you eat”. Makanan merupakan obat yang paling aman untuk mengobati segala penyakit, karena sebagian penyakit dalam bermula dari apa yang biasanya kita makan setiap harinya.
1. Kurangi makanan-makanan berlemak yang berpotensi kolesterol tinggi seperti otak, cumi-cumi, jeroan, kuning telur, mentega, cokelat, belut, kerang, udang, kepiting, dan sosis.
2. Perbanyaklah makanan sayur dan buah, terutama buah yang berwarna hijau.
3. Jika makan daging makanlah daging tanpa kulit dan gajih.

Cara menurunkan kolesterol dengan olahraga

Olahraga merupakan pendamping dari makanan sehat. Kombinasi dari kedua cara ini sangat efektif dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Sempatkanlah meskipun sebentar yang penting rutin setiap hari. Pilihan olahraga tergantung pada kondisi dan kemampuan. Setiap orang memiliki kondisi dan kemampuan yang berbeda.

Cara menurunkan kolesterol dengan obat

Obat merupakan cara terakhir jika kolesterol sudah terlalu parah dan tidak bisa ditoleransi lagi. Silahkan berkonsultasi dengan tenaga kesehatan untuk masalah ini, karena setiap orang memiliki kondisi berbeda.
Itulah beberapa cara untuk munurunkan kolesterol. Perlu diingat bahwa penyakit kolesterol diakibatkan dari makanan yang kita makan sehari-hari. Untuk itu, bagi anda yang masih muda sebelum terlambat, mulailah gaya hidup sehat agar tidak menyesal dan bingung untuk mencari cara menurunkan kolesterol suatu saat nanti.

0 komentar:

Posting Komentar

Total Pageviews

twitt sma w9

Template Information

728-banner

Flag Counter
Diberdayakan oleh Blogger.