Rabu, 15 Mei 2013

CARA CEPAT MENGERJAKAN SKRIPSI



Sebelum mengerjakan skripsi anda harus menemukan judul skripsi terlebih dahulu dan membuat proposal skripsi atau rancangan skripsi dari contoh skripsi yang sudah ada agar proses pengerjaan akan menjadi mudah. Cara ini merupakan jalan paling mudah dan cepat ketimbang membuat skripsi tanpa ada rancangan terlebih dahulu. Terlebih, saat hasil yang diharapkan dan strategi agenda riset akan menjadi terencana.

Skripsi merupakan tugas akhir sebagai syarat untuk mendapatkan gelar sarjana. Tugas skripsi merupakan hal yang sangat penting, mengingat proses kuliah selama 4 tahun yang sudah di jalani di tentukan oleh selesai atau tidaknya skripsi ini. Banyak sekali mahasiswa yang pada akhirnya tidak mampu menyelesaikan perkuliahannya dan gagal mendapat gelar sarjana karena proses yang tidak dapat mereka lalui tersebut. Oleh sebab itu maka bagi anda yang mahasiswa tingkat akhir bisa memahami artikel berikut ini secara keseluruhan agar anda bisa menjalani proses pengerjaan skripsi tersebut terasa menjadi lebih mudah.


Sifat Penelitian Skripsi
Apapun bidang kajian anda di perkuliahan, harus anda pahami bahwa skripsi merupakan karya ilmiah yang dituangkan dalam bentuk tulisan/laporan yang di dalamnya dijelaskan secara rinci mengenai hasil dari kegiatan ilmiah yang sudah anda lakukan. Hal terpenting dalam proses tersebut adalah bagaimana anda menjalankan kegiatan yang sudah anda rancang dan sejauh mana anda mampu menuangkannya  
dalam bentuk tulisan atau laporan.

Selain dalam bentuk riset, skripsi juga bisa berupa ide terbaharukan, ide tekhnologi dan temuan-temuan baru. Sekali lagi bahwa bentuk tugas skripsi akan berbeda tergantung dari bidang kajian anda (Jurusan yang anda ambil). Sejumlah bidang studi membuat format skripsinya dalam bentuk kegiatan riset atau penelitian. Namun, diantaranya juga ada yang membuat tugas skripsi berupa ide tekhnologi atau temuan-temuan baru yang di bentuk berupa tulisan atau laporan.
Untuk bidang tertentu, skripsi yang di buat merupakan karya berfikir ilmiah yang bersumber dari berbagai refrensi dan di kombinasikan bersamaan dengan kegiatan penelitian. Banyak sekali yang bisa dijadikan objek penelitian, tergantung latar belakang apa yang mendorong anda untuk menjadikan satu hal layak dijadikan objek penelitian tersebut. Sifat skripsi seperti ini lebih memperhatikan bagaimana kegiatan riset yang dilakukan sesuai dengan metode dan cara berfikir rasional. Oleh sebab itu pertanyaan terpenting dalam skripsi dengan karakter seperti itu adalah alasan kuat terkait pemilihan judul, lokasi dan objek yang hendak di ekspose.

Pemilihan Judul dan Ide Penelitian

Banyak sekali yang harus anda perhatikan pada saat memilih judul penelitian skripsi. Hal terpenting adalah aspek efisiensi dan efektifitas dari penelitian yang hendak anda kerjakan. Pilihlah judul yang sesuai dengan bidang kajian anda, misalnya jika bidang studi anda merupakan ilmu sosial maka pilihlah judul penelitian yang terfokus pada bidang tersebut. Contohnya : “Studi Dampak Dari Internet Terhadap Karakterisitik Sosial Masyarakat Desa” atau anda bisa membuat jdul yang lebih mudah misalnya “Pengaruh Gotong Royong Terhadap Efisiensi Kerja dan Produktifitas Masyarakat Desa”. Judul sangat menentukan langkah-langkah selanjutnya dalam proses pengerjaan, semakin sederhana judul yang anda buat maka semakin sederhana proses pengerjaannya. Jangan lupa berikan batasan dalam judul tersebut agar kajian yang anda buat tidak melebar pada pembahasan lain. Misalnya jika ada judul “Pengaruh kenyamanan kerja terhadap produktifitas kerja karyawan” maka sebaiknya anda memberikan batasan tempat dan objek yang di teliti. Hal ini akan mempersingkat ruang lingkup penelitian anda.

Judul penelitian juga sebaiknya memiliki sifat efisien, artinya mudah di lakukan dan menghemat waktu dan biaya yang dikeluarkan. Penelitian bisa dilakukan di lokasi-lokasi yang mudah di jangkau oleh peneliti sendiri. Selain itu juga pilihlah metode penelitian yang dapat mengefisienkan tenaga yang dikeluarkan. Selain bisa menekan biaya, waktu yang digunakan relatif singkat.

Judul penelitian bisa anda susun melalui banyak cara. Bisa melalui inspirasi sendiri atas saran hasil riset yang hendak anda capai atau juga bisa melalui riset lanjutan yang sudah ada. Jika anda mengalami kesulitan dalam menentukan judul penelitian skripsi tersebut, bisa juga anda cari dengan mengadopsi hasil penelitian orang lain yang relefan dengan bidang studi anda. Hal ini tidak termasuk plagiat atau peniruan hasil skripsi selama anda mampu merancang ulang dan lebih menyempurnakan metode yang ada. Walaupun banyak judul yang sama, namun dalam dunia peneltian hal ini sah-sah saja. Alasannya adalah karena hasil penelitian yang sama di suatu tempat pada waktu tertentu akan berbeda dengan hasil penelitian di lokasi lain dengan waktu yang berbeda pula.

Susun Rancangan Skripsi
Langkah selanjutnya adalah menyusun rancangan skripsi. Rancangan skripsi bisa anda buat dalam bentuk proposal rencana penelitian skripsi. Biasanya proposal skripsi terdiri dari tiga bagian saja, diantaranya adalah : Pendahuluan, Tinjauan pustaka dan Metode penelitian. Ketiga bagian ini merupakan rancangan rencana riset yang hendak anda lakukan sebelum akhirnya anda menjalankan kegiatan penelitian di lapangan.

Dalam rancangan penelitian masukan berbagai hal yang terkait dengan kegiatan yang hendak anda lakukan. Dari mulai agenda penelitian hingga metode dan kaidah perhitungan (Jika ada) pada saat anda menyajikan hasil riset tersebut dalam bentuk laporan akhir. Semakin banyak keterangan yang ada maka riset yang akan anda lakukan akan semakin mudah. Buatlah seakan rencana penelitian ini merupakan panduan khusus selama anda melakukan penelitian.

Sarana Penelitian 

Pada saat anda menginjak tahapan paling penting dalam pengerjaan skripsi anda, persiapkan terlebih dahulu sarana atau peralatan dan perlengkapan yang mungkin akan dibutuhkan pada saat anda akan melakukan kajian lapangan. bukan malah pergi kelayaman cari suatu yang menghangatkan badan hihihihih, Hal ini sangat penting karena berkaitan dengan hasil yang diharapkan. Banyak sekali peralatan pendukung dalam proses penelitian, jangan sepelekan peralatan sekecil apapun karena akan menentukan selesai atau tidaknya penelitian anda.

Pada saat mempersiapkan sarana penelitian ini, anda bisa mencari alternatif peralatan yang anda butuhkan selain harus membelinya. Anda bisa meminjam berbagai peralatan penelitian ke kampus dimana anda berkuliah atau juga meminjam pada rekan anda yang memungkinkan. Hal ini akan lebih hemat di bandingkan harus membeli semua kebutuhan penelitian anda. Namun, jika anda berniat memilikinya bisa anda kumpulkan satu-persatu peralatan penelitian tersebut jauh-jauh sebelum anda hendak melakukan penelitian. Membeli peralatan bisa dilakukan pada saat pertama anda masuk kuliah tersebut.

Fokus Saat Skripsi
Suasana tenang dan jauh dari kesibukan lain juga sangat berpengaruh terhadap proses penyelesaian skripsi anda. Jalin hubungan harmonis dengan keluarga, teman atau pasangan anda pada saat mengerjakan skripsi. Sesekali mintalah dukungan dan doa mereka sebagai nilai moral yang positif. Dengan bantuan secara tidak langsung ini akan memberikan dukungan moral yang sangat bermanfaat baik secara mental maupun suasana hati anda.

Berbagai motivasi untuk menyelesaikan skripsi juga bisa anda dapatkan dari mereka yang ada di lingkungan anda. Bisa juga anda berdiskusi dengan kakak tingkat yang sudah lebih dulu menghadapi proses tersebut. Mereka akan lebih terbuka dengan menyampaikan pengalaman mereka pada saat mengerjakan skripsi. Dengan saling bertukar pengalaman maka anda akan lebih banyak wawasan dan memahami betul halang rintangan yang akan dihadapi.
Semoga tips ini bermanfaat.

1 komentar:

aikawa faith mengatakan...

Nice Info Post Anda Jangan Lupa Kunjungi Blog Aku
http://contohbimbinganskripsi.blogspot.com/

Poskan Komentar

Total Pageviews

twitt sma w9

Template Information

728-banner

Flag Counter
Diberdayakan oleh Blogger.