Rabu, 15 Mei 2013

Sejarah dan Awal Mula Facebook

Facebook? Ya, jaringan sosial terbesar di dunia sekarang ini, tapi darimanakah semuanya berasal? Bagaimanakah kisah hidup Mark Zuckerberg si penemu Facebook hingga ia berhasil sekarang ini? Berikut sejarah dan asal mula Facebook hingga sekarang ini.
Sejarah Facebook
2003: Facemash
2004: Thefacebook.com
2005-2009: Facebook.com
2010-2012: Instagram dan Film 'The Social Network'
2013: Graph Search
Film 'The Social Network'
Infografik Facebook

SEJARAH FACEBOOK

Tahukah Anda kalau Facebook.com awalnya berasal dari nama TheFacebook.com, yang dimana merupakan jaringan sosial skala kecil untuk lingkungan sekolah dan kampus. Berikut sejarah lengkap Facebook dari infografik Facebook oleh MyLife.com.

TAHUN 2003: FACEMASH.COM



23 Oktober 2003, merupakan titik awal seorang mahasiswa psikologi Universitas Harvard, Mark Zuckerberg untuk memasuki dunia jaringan sosial dimana ia mulai bereksperimen dengan menciptakan Facemash.com. Facemash.com sendiri merupakan situs yang memperbolehkan pengunjungnya (kebanyakan dari mahasiswa Harvard) untuk membandingkan 2 gambar mahasiswa yang mana yang lebih "hot" (cantik) dan mana yang tidak.



Darimanakah gambar mahasiswa tersebut berasal? Gambar itu didapatkan oleh Mark dengan me-hack database Universitas Harvard. Besoknya, mahasiswa-mahasiswa yang marah meminta Mark untuk menutup situs tersebut. Walaupun begitu, Mark telah membuktikan bahwa orang-orang suka membuka Internet untuk melihat foto-foto orang lain.

TAHUN 2004: THEFACEBOOK.COM

Pada tanggal 11 Januari 2004, Zuckerberg mendaftarkan domain thefacebook.com yang terinspirasi dari insiden Facemash dan dimodelkan dari Friendster. Mark juga mengatakan bahwa ia ingin menciptakan sebuah situs web yang dapat menghubungkan orang-orang di dalam Universitas. Ia menyadari bahwa Harvard membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk mengimplementasikan sistem tersebut, sedangkan ia da teman-teman Harvard-nya hanya membutuhkan waktu seminggu.



Sesudah Mark menyelesaikan situs tersebut, diketahui bahwa hanya dalam waktu 24 jam, 1.200 (seribu dua ratus) mahasiswa Harvard telah mendaftarkan diri mereka di situs tersebut dan jumlah itu setara dengan setengah jumlah seluruhnya mahasiswa tingkat akhir.

6 hari sesudah peluncuran tersebut, dikatakan bahwa ternyata Mark juga sedang dalam pengembangan situs lain yang disebut HarvardConnection.com untuk Cameron Winklevoss, Tyler Winkelvoss dan Divya Narendra yang akhirnya menuntut Mark dengan tuntutan bahwa ia telah mencuri ide mereka, yakni Facebok. Mark dan pihak-pihak ini akhirnya menyelesaikan masalah ini dengan solusi yang dirahasiakan.

SEAN PARKER DAN INVESTASI SEBESAR 500.000 US DOLAR



Tidak lama sesudah peluncuran dan perkembangannya, co-founder dari Napster, Sean Parker menemukan thefacebook.com di komputer pacarnya. Ia kemudian terbang ke New York untuk bertemu dengan Mark yang pada akhirnya ia mulai menjadi penasihat thefacebook.com secara tidak formal.

Di bulan Juni 2004, Facebook mendapatkan investasi pertamanya dari Peter Theil, founder PayPal sebesar $ 500.000 sebagai ganti dari 10.2% saham perusahaan. Sean Parker juga diangkat menjadi presiden dari perusahaan yang baru berdiri tersebut.

thefacebook.com terus dikembangkan ke luar kampus hingga akhirnya pada tanggal 30 Desember 2004, lebih dari 1 juta orang telah menjadi anggota thefacebook.com

TAHUN 2005-2009: FACEBOOK.COM



Di Agustus 2005, thefacebook.com berganti nama menjadi facebook.com dengan harga $ 200.000 (200.000 US Dolar). Pada tahun tersebut, Facebook.com mendapatkan berbagai investor dan mulai bekerjasama dengan Apple dan Microsoft. Di akhir 2005, Facebook telah menyebar di US, Canada, Mexico, UK, Australia, New Zealand dan Irlandia.

Tahun-tahun berikutnya tidak begitu cerah bagi Facebook. Hal ini disebabkan Facebook mengalami kerugian sampai pada batas Facebook harus menjual saham-sahamnya untuk membalikkan kembali aliran pendapatan ke arah positif. Tetapi walaupun begitu, Facebook terus berkembang hingga di tahun 2009 Facebook mulai berhasil meningkatkan pendapatannya kembali ke angka yang positif.

TAHUN 2010-2012: FILM DAN AKUISISI INSTAGRAM



Di tahun 2010, Facebook terus berkembang dan memunculkan berbagai teknologi hingga akhirnya dibuatlah film dokumentasi "The Social Network" oleh David Fischer, yang menceritakan mengenai asal mula Facebook dan kisah hidup Mark Zuckerberg.

Perkembangan Facebook terus terjadi, tahun berikutnya Facebook merilis aplikasi iPad, bekerja sama dengan Skype dan Heroku, mengubah interface dengan basis Timeline, mengubah halaman login dan profil. Hingga pada tahun 2012, Instagram dibeli oleh Facebook dengan harga 1 Miliar US Dolar dan mencapai 1 Miliar Pengguna. Tidak hanya itu saja, di tahun 2012, Mark Zuckerberg berhasil mendapatkan 22% kepemilikan Facebook.

TAHUN 2013: BERSAING DENGAN GOOGLE



Di Januari 2013, Facebook memperkenalkan Pencarian Graph yang memperbolehkan user untuk mencari apa yang mereka mencari berdasar pada teman dan koneksi mereka. Fitur ini memperbolehkan Anda untuk mencari dari data yang diberikan oleh teman untuk menemukan hal-hal yang menarik bagi Anda, seperti restoran, musik dan sebagainya. Ini merupakan titik pertama Facebook untuk melakukan persaingan dengan Google dalam hal pencarian.

Pada tahun 2013, situs pertama Facebook juga telah dimunculkan kembali, yakni thefacebook, hanya saja dengan URL yang berbeda, yaitu thefacebook.us.

FILM MENGENAI SEJARAH FACEBOOK

Mungkin beberapa dari Anda sudah tahu mengenai film 'The Social Network', yakni film tahun 2010 yang menceritakan tentang sejarah si penemu Facebook, Mark Zuckerberg dan bagaimana Facebook dibentuk. Berikut trailer dari film tersebut.



INFOGRAFIK FACEBOOK

Sejarah-sejarah Facebook di atas, didapatkan dari infografik (gambar yang berisikan informasi, dalam hal ini mengenai sejarah Facebook) oleh MyLife. Jika Anda ingin melihatnya, Anda dapat melihatnya di link berikut ini.www.mylife.com/blog/ultimate-history-of-facebook/

0 komentar:

Poskan Komentar

Total Pageviews

twitt sma w9

Template Information

728-banner

Flag Counter
Diberdayakan oleh Blogger.