Rabu, 15 Mei 2013

Perbedaan Dofollow dan Nofollow Pada Blog



Nofollow Dofollow
Yap, oke sekarang Gue mau bahas Perbedaan Dofollow dan Nofollow Pada Blog, ya, langsung aja mulai ke topic pembahasannya.

Pengertian Blog Dofollow Dengan Nofollow.
Dofollow dan Nofollow merupakan istilah yang dipakai oleh search engine sebagai tag yang dimanfaatkan untuk membedakan apakah setiap tautan yang terdapat dalam sebuah situs atau blog boleh diikuti atau tidak oleh robot search engine atau mesin telusur ketika sedang melakukan proses pengindeksan pada situs atau blog tertentu.
Jika situs atau blog yang sedang diindeks termasuk dalam kategori Dofollow, maka setiap tautan yang terdapat di dalamnya akan diikuti  oleh robot mesin telusur, sehingga setiap bagian yang tertaut dengan situs tersebut juga akan ikut terindeks. Sedangkan Nofollow berarti sebaliknya. 
ika situs atau blog yang sedang diindeks termasuk dalam kategori Nofollow, maka robot mesin telusur hanya akan mengindeks setiap bagian dari situs atau blog yang dimaksud tanpa mengikuti setiap tautan yang ada di dalamnya, sehingga akhirnya bagian lain yang tertaut dengan situs atau blog tersebut tidak akan ikut diindeks.

Pilih Blog Dofollow atau Nofollow ?.
Perbedaan mendasar antara blog Dofollow dan Nofollow ada pada kemampuannya meneruskan poin halaman. Sebuah halaman yang Dofollow akan memberikan poinnya kepada halaman yang dirujuknya, sedangkan halaman Nofollow tidak. Jadi lebih baik jadi Nofollow atau Dofollow?

Jawabanya adalah tergantung pada kemampuan dan kebutuhan anda. Jika anda merasa mampu untuk membuat blog anda ramai, maka tidak perlu melakukan trik ini karena tujuan trik ini hanya untuk menambah trafik. Penggunaan trik ini akan menambah pengunjung blog anda dari kalangan pemburu backlink. Pertanyaannya adalah apakah anda butuh kehadiran pemburu Backlink ?

Jika anda merasa kehadiran pemburu backlink bisa menambah poin alexa anda, maka jangan terburu-buru menjadi Dofollow. Ada tiga hal lagi yang harus anda pertimbangkan.
  1. Apakah penambahan poin alexa ini masih memberi manfaat lebih banyak dibandingkan efek penurunan poin halaman blog anda? Ya, pengunjung jadi lebih banyak dibandingkan waktu masih Nofollow. Jadi walaupun dari Google berkurang, pegunjung yang tertarik dengan halaman Dofollow masih lebih banyak lagi.
  2. Apakah anda cukup nyaman dengan komentar yang seringkali cuma basa-basi? idak apa-apa basa-basi yang penting ramai
  3. Apakah anda cuma butuh trafik biasa dan bukan trafik tertarget? Trafik biasa itu artinya,....yang penting  ada pengunjung. Sedangkan trafik tertarget adalah trafik yang benar-benar mencari yang anda tawarkan. Jadi butuh yang mana? Saya tidak butuh pengunjung yang spesifik, yang penting alexa turun, supaya orang mau beriklan atau memasang review, dsb.

Jika jawaban anda sama atau mirip seperti di atas, maka silahkan lanjut menjadi blog Dofollow. Jika tidak, maka sebaiknya berpikir dulu sebelum menjadi Dofollow. Jadi....apakah jawaban anda sama dengan jawaban di atas?
Jika jawaban anda adalah sebaliknya, maka jangan dulu menjadi Dofollow. Pastikan anda tahu hitung-hitungannya. Banyak yang menjadi Dofollow mundur di tengah jalan dan hanya mengotori daftar Dofollow yang sudah dibuat beberapa blogger yang merekomendasikan website mereka.

Jika anda merasa Dofollow kurang sesuai untuk blog anda, maka coba optimisasi blog anda dengan cara-cara yang lebih alami. Coba lakukan Optimasi SEO yang mendasar saja, sambil mencari tambahan pengalaman dari hari ke hari.

Tulisan ini tentu bisa menyulitkan saya mendapat halaman blog Dofollow baru, karena banyak yang akan berpikir ulang. Tapi itu lebih baik daripada menghabiskan waktu mengecek semua website yang ternyata kembali jadi Nofollow. Lebih baik sedikit, tapi Dofollow, daripada banyak tapi Nofollow..... Lagi pula ada banyak cara menemukan link Dofollow. tinggal kekreatifitasan kita saja berburu.

Kelebihan dan Kekurangan Blog Dofollow dan Nofollow :

Kelebihan Blog Dofollow [+]
  1. Jelas blog kita akan sering dicari oleh blogger pencari blog DoFollow.
  2. Blog kita akan lebih dapat perhatian lebih (kalau perhatian lebih saya buat blog DoFollow yg utama adalah kotak komentarnya,,, keren atau ngga').
  3. Comment dalam blog kita akan lebih banyak (tapi kebanyakan Spam).
  4. Dengan comment yang semakin banyak semakin terlihat ke eksisan kita.
  5. Dan terakhir kepuasan karena tulisan kita diperhatikan orang lain (kadang-kadang sih)
Kekurangan Blog Dofollow [-]
  1. Pagerank blog kita bisa turun drastis.
  2. Bisa memunculkan comment abu-abu, bukan spam tapi seperti spam. Jadi, buat para pencari blog DoFollow jangan asal comment ya. Bacalah dulu artikel/tulisan teman kita tersebut. Kemudian tinggalkanlah respon anda dalam bentuk yang baik. Mari kita menjadi blogger yang baik. Bukankah indah jika kita bisa saling menghargai ?
Kelebihan Blog Nofollow [+]
  1. Aman dari gangguan spammers yang mencari backlink asal-asalan.
  2. Lebih diminati Google dalam hal SEO, karena Google lebih suka jenis ini.
  3. Bisa mendapat traffic berlebih dari search engine.
  4. Kalo anda bermain SEO tentu blog Nofollow sangat anda perlukan.
  5. Mungkin bisa mendapat earning lebih banyak,kalo untuk blog bisnis.
Kekurangan Blog Nofollow [-]
  1. Jarang bahkan tidak ada yang memberi komentar, kecuali postingan yang berkualitas/bermanfaat.
  2. Kadang pengunjung blog hanya mencari informasi tentang tulisan tersebut.
oke sekian dari Gue , semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.. terimakasih :)

0 komentar:

Poskan Komentar

Total Pageviews

twitt sma w9

Template Information

728-banner

Flag Counter
Diberdayakan oleh Blogger.