Rabu, 15 Mei 2013

Penting! Cara Membuat Blog Menjadi Visitor Friendly




Membuat Blog menjadi Visitor Friendly atau bersahabat dengan pengunjung, setelah kita memahamiapa itu SEO sebenarnya dan juga apa kata SEO Friendly maka anda juga harus mengerti apa ituVisitor Friendly. ini adalah pendapat menurut Blog's ARSIP, setiap pengertian dan penjelasan atau pendapat seseorang pasti berbeda - beda, jadi mungkin isi artikel ini dapat berbeda dengan post blogger lain.

Visitor Friendly
Visitor


      setelah kita telah mengoptimalisasikan blog untuk bisa bersahabat dengan Search Engineterutama si Google, nah sekarang kita lanjutkan dengan optimalisasi blog untuk bersahabat dengan visitor. search engine pun pasti ingin para pengguna-nya senang agar si pengguna search engine dapat selalu menggunakan search engine tersebut untuk mencari sesuatu sehingga search engine pun untung pula nah dengan begitu pasti search engine akan mencoba memilih artikel yang baik, berkualitas untuk bisa di halaman utamanya, selain baik pasti juga dia akan memilih blog yang visitor friendly donk ? karena pasti search engine ini penggunanya puas, itulah pendapat saya.

     seorang blogger harus mampu memberikan yang terbaik bagi visitornya, baik artikel maupun fisik si blog agar si pengunjung mau balik lagi dan lagi. saya pun merasa bahwa blog saya ini tidak visitor friendly dari sisi post, karena ada sebagian post copasan, itu karena saya khilaf ketika masih baru di dunia blogging ini. tapi saya sudah memberikan teks tambahan pada post copas dengan kata seperti "Jika Anda Pemilik Asli Ini, Hubungi saya di Facebok, nanti saya pasang Link Sumbernya" , pasti anda bertanya "Kenapa tidak dihapus saja?" , saya takut jika saya hapus malah akan membawa dampak buruk seperti Crawl Errors walaupun saya tahu Cara Menghapus Artikel Yang Benar tetapi kan tetap ada peluang terjadinya Crawl Errors dan juga nanti saya harus besar - besaran mengedit seluruh post jika post tersebut terpasang linknya ( internal link ) di post lain. hehe.... eh malah nyasar ke post copas, kembali lagi ke visitor friendly. mengapa harus visitor friendly ? karena visitor lah yang membuat anda sukses sekarang ini, tanpa dia kau hanya menjadi tulisan tak berarti hehehe... gk dibaca orang. kita harus membuat pengunjung mau balik lagi ke blog kita itu lah dan membuat dia nyaman. ada berbagai cara membuat blog menjadi visitor friendly diantaranya : 

 pilih lah template yang ringan tentu agar blog tidak berat sewaktu load kalau bisa dibawah ukuran 80 KB anda bisa membaca post saya tentang Download Template SEO Friendly Blogger TerbaikTemplate Blogspot Seo Friendly 2013. membuat blog ringan adalah hal penting, bayangkan jika anda mencari tugas  di internet dan mengklik salah satu web, setelah anda mengklik web tersebut ternyata koneksi anda  setengah buruk kemudian load web itu menjadi lambat ditambah karena banyak widget , script, iklan dan lain - lain yang menambah lama waktu load anda untuk melakukan load web tersebut. menjengkalkan bukan ? harus menunggu load web tersebut dan anda pun pasti akan berpikir untuk angkat koper dan mencari tugas anda di web lain. nah loh rugi hayo ? belum beres nge-Load si pengunjung udah pergi aja hehe... nah ayo bikin blog anda secepat mungkin. salah satu cara mempercepat loading blog adalah kompress html, css, javascript, kompress gambar pada posting, jangan terlalu banyak pasang script, jangan memasang gambar dan widget berlebihan di sidebar dan gunakan widget yang penting saja. contoh widget jam, animasi ikan, dan widget histats, widget histats itu terbukti amat berat karena menggunakan script, saya sudah lama menghapus widget ini karena buat apa juga ? buat apa visitor melihat berapa banyak visitor kita ? saya lebih suka menggunakan Google Analytic karena tidak perlu memasang widget apapun. ada juga widget site info, seperti alexa, pagerank. buat apa sih bang ? ribet amat pengunjung hanya tertuju pada kontendan sebaiknya widget dijadikan pembantu konten seperti widget translate untuk orang luar negerti menerjemahkan teks pada artikel kita, kan itu widget yang bermanfaat. hehe... just opinion

Navigasi yang Baik
nah ini juga penting agar pengunjung gk nyasar kesana kemari, navigasi bisa dilakukan dengan cara pemasangan BreadCrumbspemasangan daftar isi ( sitemap ) , dan pengakalan untuk pengalihan 404. ngomong - ngomong mengapa harus pengalihan dari 404 ? ya kadang ada saja internal link yang telah mengalami brokenlink atau pun pengunjung yang salah dalam pengetikkan url seperti pengunjung mnegetikkan url : http://kesiangansekolah.blogspot.com/2013/02/daftar-isi.hml , letak kesalahannya ada di bagian hml harusnya kan html, nah jika di enter maka akan menghasilkan 404 yang tidak berarti nah kita lakukan pengalihan agar si pengunjung dapat mencari apa yang dia cari seperti pengalihan menuju halaman Daftar Isi, jadi pengunjung dapat mencari artikel yg dia cari di Daftar Isi tersebut. Daftar Isi adalah halaman yang berisikan semua post blog kita. 

Tidak Memusingkan atau Membingungkan Pengunjung
ini yang pernah saya alami selaku pengunjung web ( pastinya ), dibingungkan dengan banyaknya flash dan warna dan gambar background yang gelap ditambah animasi bergerak di layar monitor seperti semut, burung, belum muncul Like Box Fanspage, ada Cbox, petir pada link dan lain sebagainya. ini jujur membingungkan saya, karena saya hanya mau isi konten bukan animasi dan lain sebagainya, apalagi jika konten yang saya cari untuk pembelajaran, pasti akan terganggu ketika membaca isi konten dengan animasi disekelilingnya karena konsentrasi terpecah. jika blog anda berisi konten pembelajaran maka saya sarankan anda untuk membuat suasana blog anda tenang yaitu tanpa animasi, pilih warna background putih dan tanpa gambar. 

Artikel Posting yang Berkualitas
nah posting yang berkualitas juga harus dimiliki seorang blogger walaupun saya sendiri jujur merasa post - post saya memiliki tingkat kualitas yang buruk, saya hanya berpikir agar bagaimana membuat post dan publikasikan tanpa memikirkan mutu dari isi konten post saya tetapi setelah saya melihat isi - isi konten dari mas blogger buka-rahasia.blogspot.com yang isi semua kontennya jelas , rinci, dan pasti berkualitas membuat saya terinspirasi membuat konten yang berkualitas pula. walaupun saya tidak bisa menandingi isi konten dari mas blogger buka-rahasia.blogspot.com

Isi Konten tidak Membingungkan
Maksudnya adalah seperti penggunaan Tebal atau Blog pada teks yang berlebihan karena akan mengacaukan tampilan, ada sebagian post saya yang isinya kebanyakan ditebalkan dan jujur ketika saya melihat di blog langsung serasa tidak rapih konten saya tersebut karena penggunaan Teks Tebal atau Bold yang berlebihan, walaupun memang penggunaan kata Tebal adalah salah satu Tips SEO, tetapi jangan berlebihan.

Jangan Pergunakan Trik Anti Copas
ini nih yang saya benci, trik anti copas seperti Anti Block, anti klik kanan dan lain - lain. karena pernah saya alami ketika saya mencari tutorial blog seperti ' Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Blog ' ,  pasti mau tidak mau kita harus copy sebuah script, tetapi karena situs tersebut melakukan trik anti block, saya tidak bisa copy script yang ia berikan. nah saya jengkel dan pergi saja buat apa juga kalau dikasih trik tapi gk bisa di praktekan. lagi pula penggunaan anti copas seperti ini bisa di akali juga, hanya dengan menggunakan settingan browser yaitu disable javascript dan selesai, ini pernah saya coba dan saya pun akhirnya bisa main klik kanan di blog orang. tapi bukan bermaksud copas. blog saya tidak menggunakan anti copas tapi sekedar pemberitahuan saja, coba deh klik kanan, apa yang terjadi ? akan ada sebuah pesan menunjukan bahwa anda tidak boleh mencopas artikel ini jika anda mencopas akan saya laporkan ke google , deng deng hehehe ... , tetapi apabila ada kepentingan seperti untuk copy script atau lainnya anda dapat menggunakan CTRL + C untuk meng-Copy-kannya. bukan kah itu bersahabat ? 

Sekian dahulu post kali ini karena kepala saya pusing ( curhat ) hehe...... semoga tips Penting! Cara Membuat Blog Menjadi Visitor Friendly menjadi inspirasi anda untuk membuat blog anda menjadi lebih baik.

1 komentar:

Yudi Supriyadi mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Poskan Komentar

Total Pageviews

twitt sma w9

Template Information

728-banner

Flag Counter
Diberdayakan oleh Blogger.